Anggota Kelompok
- Antayoga Prihatnala 51414424
- Dewi Raffayanti 52414883
- Irma Azalia 55414459
- M. Rizalni 57414507
- Ruth Ricky D.C 59414866
Penulisan ini dibuat guna menyelesaikan tugas kuliah grafik komputer dengan tema efek pencahayaan terhadap objek 3D, pembuatan objek pada penulisan ini menggunakan aplikasi Blender.Berikut adalah cara pembuatan suatu pencahayaan lampu jalan terhadap suatu objek dengan menggunakan blender :
Buka software blender kemudian buat satu buah plane dengan cara Shift A -> Mesh -> Plane .
Selanjutnya kita akan membuat sebuah dinding rumah dengan Masuk Edit Mode ->Seleksi Faces -> Tekan E atau Extrude untuk membuat faces tertarik ke atas searah sumbu Z yang bertujuan menjadi sebuah dinding rumah.
Setelah di Extrude maka hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Berikutnya tambahkan edge yang akan berguna untuk sebuah pintu pada tembok rumah dengan cara Masuk Edit Mode -> Ctrl R scroll untuk menambah edge dan klik kiri 2x agar hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Atur edge dengan menyeleksi edge dan geser sesuai koordinat. Setelah itu kita akan membuat sebuah anak tangga menuju ke pintu dengan memberikan beberapa edge secara horizontal dan kemudian seleksi faces lalu tekan E / extrude sampai hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Setelah membuat anak tangga, buat sebuah pintu yang nampak sedang terbuka ke dalam. Caranya dengan Masuk Edit Mode -> Seleksi Faces -> Tekan X-> Pilih Faces dan hasilnya nampak seperti 3 gambar dibawah ini :
Berikutnya buat sebuah pintu. Tetapi sebelumnya tutup sebuah lubang diantara edge dengan membuat faces dengan cara Seleksi kedua edge -> Tekan F. lalukan hal yang sama pada bagian lain.
Setelah menutup bagian kosong diantara edge, selanjutnya kita mulai membuat pintu dengan Seleksi faces -> Tekan E seperti pada 2 gambar dibawah ini.
Pada gambar dibawah ini adalah bentuk pintu dimana masih dalam posisi tertutup.
Karena yang diinginkan adalah posisi pintu terbuka maka Seleksi faces yang diextrude tadi kemudian Tekan G Y dimana hal ini akan membuat pintu akan dapat ditarik searah sumbu Y saja atau kea rah depan / belakang seperti pada gambar dibawah ini.
Selanjutnya tambah objek baru yaitu lampu sebagai objek utama dalam projek ini dengan cara Masuk Objeck Mode -> Shift A -> Lamp ->Spot .
Dan akan nampak sebuah objek lampu seperti pada gambar dibawah. Untuk mengatur pencahayaan lampu yang berlaku sebagai lampu jalan ini, atur pada bagian Jendela Properties yang terdapat pada bagian kanan layar.
Pada bagian properties pilih icon objeck data seperti pada gambar dibawah.
Kemudian atur Lamp pada Spot dan Shadow pada Ray Shadow. Ceklist pada bagian Show Cone dan juga Halo. Itu akan mempermudah kita dalam mengatur jarak, ukuran, blend, dan energy.
Berikutnya pindah ke tab Buffer Shadow. Pada buffer shadow ini kita atur Step yang berada dibawah Halo. Dalam hal ini, kita atur Step nya adalah 3 seperti pada gambar dibawah.
Dan hasilnya nampak seperti pada gambar dibawah jika di render :
Kemudian kita akan membuat tiang lampu jalan dengan membuat objek baru yaitu cylinder dengan cara Masuk Objek Mode -> Shift A -> Mesh -> Cylinder seperti pada gambar dibawah.
Berikut adalah beberapa proses dari pembentukan cylinder hingga menjadi tiang lampu jalan.
Jika sudah jadi, maka hasilnya seperti pada gambar dibawah. Setelah jadi kita masukkan lampu spot yang ditambahkan tadi ke dalam tiang lampu.
Setelah itu kita membuat objek baru sebagai penutup dari lampu jalan dengan membuat objek baru yaitu cone dengan cara Masuk Objek Mode -> Shift A->Mesh-> Cone . dan hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Setelah membuat cone, kemudian gabungkan dengan tiang lampu dan lampunya agar terlihat seperti berikut.
Untuk mengganti warna pada objek kita cukup dengan cara Masuk Objek Mode -> Seleksi Objek(Misal Cone) -> pilih material pada properties ->Klik warna pada diffuse seperti pada gambar dibawah. Hal ini berlaku untuk semua objek jika ingin memberikan warna.
Berikutnya buat sebuah bangku sebagai objek cube yang akan mendapat cahaya dan menimbulkan bayangan. Caranya Masuk Objek Mode -> Shift A -> Mesh -> Cube .
Bentuk cube menjadi sebuah bangku sesuai dengan kreasi masing – masing. Untuk mempermudah tambahkan edge dengan cara Edit Mode->Ctrl R dan scroll keatas untuk menambah edge. Cara ini sama seperti pada saat membuat dinding dan pintu pada plane. Tentu kita gunakan Extrude untuk membentuk keempat kaki bangku dan sandaran bangku.
Buat edge dengan Ctrl R. seleksi beberapa faces yang akan dipergunakan untuk membuat kaki bangku dan sandaran bangku.
Seleksi faces dimana kita akan meng-extrude kemmudian Tekan E hingga hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Modifikasi beberapa bagian untuk memperindah bentuk bangku. Kemudian untuk menduplikat bangku agar menjadi 2 adalah dengan cara Masuk Objek Mode -> Klik Objek Bangku -> Shift D dan bangku akan menduplikat dan letakkan sejajar seperti pada gambar dibawah :
Untuk membuat jalan, cukup berikan warna pada plane yang telah diberi edge sebagai batas antara trotoar dan jalan. Seleksi faces.
Pada jendela properties masuk ke tab material. Kemudian klik icon + pada bagian kanan material.
Setelah diklik maka tampilannya akan seperti pada gambar dibawah. Untuk menambahkan material baru yang mana untuk mewarnai jalan. Kemudian klik new dan namai material sesuai apa material ini digunakan.
Beri pewarnaan pada material sesuai warna jalan. Klik pada bagian diffuse dan ada sebuah balok berwarna putih maka akan keluar color wheel seperti pada gambar dibawah :
Selanjutnya untuk membuat marka jalan, kita cukup seleksi faces pada garis yang berada di tengah jalan.
Setelah menyeleksi faces, berikan warna selaras dengan warna jalan agar kita tidak membuat sebuah material baru. Setelah menyeleksi, klik pada jendela properties naterial bernma Jalan kemudian klik Assign.
Hasilnya akan seperti pada gambar dibawah :
Karena kita tidak hanya menggunakan pencahayaan pada lampu jalan saja. Kita juga menggunakan pencahayaan dari dalam ruangan yang akan membuat pencahayaan terhadap pintu yang terbuka. Tambah objek baru berupa Lamp spot dengan cara Masuk Objek Mode -> Shift A -> Lamp -> Spot dan hasilnya seperti pada gambar dibawah. Atur pencahayaan pada Lamp baru seperti pengaturan Lamp sebelumnya dengan klik pada Lamp lalu tekan W.
Dan berikut hasilnya pada saat projek dirender.
Buka software blender kemudian buat satu buah plane dengan cara Shift A -> Mesh -> Plane .
Akan terdapat plane seperti pada gambar dibawah. Atur ukuran dari plane sesuai keinginan seberapa besarnya dengan tekan pada keyboard huruf S .
Berikan beberapa edge yang berguna untuk membantu dalam pembuatan sesuatu objek yang akan dibuat pada plane dengan cara : Masuk Edit Mode ->Seleksi objek -> Ctrl R . Maka akan tampak ada garis berwarna pink pada plane dan scroll ke atas untuk menambahkan edge yang diinginkan. Klik kiri pada mouse sebanyak 2x dan hasilnya nampak seperti pada gambar dibawah :
Atur edge sesuai keinginan berdasarkan objek apa yang ingin dibuat. Masuk Edit Mode -> Seleksi edge dan tarik edge sesuai koordinat yang terdapat pada edge seperti yang dapat dilihat pada gambar dibawah :
Setelah di Extrude maka hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Berikutnya tambahkan edge yang akan berguna untuk sebuah pintu pada tembok rumah dengan cara Masuk Edit Mode -> Ctrl R scroll untuk menambah edge dan klik kiri 2x agar hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Atur edge dengan menyeleksi edge dan geser sesuai koordinat. Setelah itu kita akan membuat sebuah anak tangga menuju ke pintu dengan memberikan beberapa edge secara horizontal dan kemudian seleksi faces lalu tekan E / extrude sampai hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Setelah membuat anak tangga, buat sebuah pintu yang nampak sedang terbuka ke dalam. Caranya dengan Masuk Edit Mode -> Seleksi Faces -> Tekan X-> Pilih Faces dan hasilnya nampak seperti 3 gambar dibawah ini :
Berikutnya buat sebuah pintu. Tetapi sebelumnya tutup sebuah lubang diantara edge dengan membuat faces dengan cara Seleksi kedua edge -> Tekan F. lalukan hal yang sama pada bagian lain.
Setelah menutup bagian kosong diantara edge, selanjutnya kita mulai membuat pintu dengan Seleksi faces -> Tekan E seperti pada 2 gambar dibawah ini.
Pada gambar dibawah ini adalah bentuk pintu dimana masih dalam posisi tertutup.
Karena yang diinginkan adalah posisi pintu terbuka maka Seleksi faces yang diextrude tadi kemudian Tekan G Y dimana hal ini akan membuat pintu akan dapat ditarik searah sumbu Y saja atau kea rah depan / belakang seperti pada gambar dibawah ini.
Selanjutnya tambah objek baru yaitu lampu sebagai objek utama dalam projek ini dengan cara Masuk Objeck Mode -> Shift A -> Lamp ->Spot .
Dan akan nampak sebuah objek lampu seperti pada gambar dibawah. Untuk mengatur pencahayaan lampu yang berlaku sebagai lampu jalan ini, atur pada bagian Jendela Properties yang terdapat pada bagian kanan layar.
Pada bagian properties pilih icon objeck data seperti pada gambar dibawah.
Kemudian atur Lamp pada Spot dan Shadow pada Ray Shadow. Ceklist pada bagian Show Cone dan juga Halo. Itu akan mempermudah kita dalam mengatur jarak, ukuran, blend, dan energy.
Berikutnya pindah ke tab Buffer Shadow. Pada buffer shadow ini kita atur Step yang berada dibawah Halo. Dalam hal ini, kita atur Step nya adalah 3 seperti pada gambar dibawah.
Dan hasilnya nampak seperti pada gambar dibawah jika di render :
Kemudian kita akan membuat tiang lampu jalan dengan membuat objek baru yaitu cylinder dengan cara Masuk Objek Mode -> Shift A -> Mesh -> Cylinder seperti pada gambar dibawah.
Atur skala dari cylinder seberapa besar agar terlihat proporsional dengan Tekan S. kemudian kita bentuk cylinder hingga menyerupai tiang lampu jalan dengan tekan E untuk menariknya ke atas atau ke bawah dengan menyeleksi faces yang ingin di extrude.
Berikut adalah beberapa proses dari pembentukan cylinder hingga menjadi tiang lampu jalan.
Jika sudah jadi, maka hasilnya seperti pada gambar dibawah. Setelah jadi kita masukkan lampu spot yang ditambahkan tadi ke dalam tiang lampu.
Setelah itu kita membuat objek baru sebagai penutup dari lampu jalan dengan membuat objek baru yaitu cone dengan cara Masuk Objek Mode -> Shift A->Mesh-> Cone . dan hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Setelah membuat cone, kemudian gabungkan dengan tiang lampu dan lampunya agar terlihat seperti berikut.
Untuk mengganti warna pada objek kita cukup dengan cara Masuk Objek Mode -> Seleksi Objek(Misal Cone) -> pilih material pada properties ->Klik warna pada diffuse seperti pada gambar dibawah. Hal ini berlaku untuk semua objek jika ingin memberikan warna.
Berikutnya buat sebuah bangku sebagai objek cube yang akan mendapat cahaya dan menimbulkan bayangan. Caranya Masuk Objek Mode -> Shift A -> Mesh -> Cube .
Bentuk cube menjadi sebuah bangku sesuai dengan kreasi masing – masing. Untuk mempermudah tambahkan edge dengan cara Edit Mode->Ctrl R dan scroll keatas untuk menambah edge. Cara ini sama seperti pada saat membuat dinding dan pintu pada plane. Tentu kita gunakan Extrude untuk membentuk keempat kaki bangku dan sandaran bangku.
Buat edge dengan Ctrl R. seleksi beberapa faces yang akan dipergunakan untuk membuat kaki bangku dan sandaran bangku.
Seleksi faces dimana kita akan meng-extrude kemmudian Tekan E hingga hasilnya seperti pada gambar dibawah :
Modifikasi beberapa bagian untuk memperindah bentuk bangku. Kemudian untuk menduplikat bangku agar menjadi 2 adalah dengan cara Masuk Objek Mode -> Klik Objek Bangku -> Shift D dan bangku akan menduplikat dan letakkan sejajar seperti pada gambar dibawah :
Untuk membuat jalan, cukup berikan warna pada plane yang telah diberi edge sebagai batas antara trotoar dan jalan. Seleksi faces.
Pada jendela properties masuk ke tab material. Kemudian klik icon + pada bagian kanan material.
Setelah diklik maka tampilannya akan seperti pada gambar dibawah. Untuk menambahkan material baru yang mana untuk mewarnai jalan. Kemudian klik new dan namai material sesuai apa material ini digunakan.
Beri pewarnaan pada material sesuai warna jalan. Klik pada bagian diffuse dan ada sebuah balok berwarna putih maka akan keluar color wheel seperti pada gambar dibawah :
Selanjutnya untuk membuat marka jalan, kita cukup seleksi faces pada garis yang berada di tengah jalan.
Setelah menyeleksi faces, berikan warna selaras dengan warna jalan agar kita tidak membuat sebuah material baru. Setelah menyeleksi, klik pada jendela properties naterial bernma Jalan kemudian klik Assign.
Hasilnya akan seperti pada gambar dibawah :
Karena kita tidak hanya menggunakan pencahayaan pada lampu jalan saja. Kita juga menggunakan pencahayaan dari dalam ruangan yang akan membuat pencahayaan terhadap pintu yang terbuka. Tambah objek baru berupa Lamp spot dengan cara Masuk Objek Mode -> Shift A -> Lamp -> Spot dan hasilnya seperti pada gambar dibawah. Atur pencahayaan pada Lamp baru seperti pengaturan Lamp sebelumnya dengan klik pada Lamp lalu tekan W.
Dan berikut hasilnya pada saat projek dirender.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar